Syahadat Cinta (The Movie)


Label : Remaja (R), Bimbingan Orang Tua (BO)

Film Syahadat Cinta

Film Syahadat Cinta

Malam tahun baru Anda akan dikasih program spesial oleh Indosiar. Bagi yang merayakannya di rumah, jangan lewatkan Film Syahadat Cinta. Bagi masyarakat di daerah yang belum nonton di layar bioskop, bisa menonton film yang melambungkan nama Arief Rahman dan Imel Putri Cahyati ini. Selain didukung aktor-aktris Gentabuana Paramita, film ini juga didukung bintang-bintang ngetop macam Hengky Kurniawan, Minati Atmanagara, Donna Harun dan Ricky Harun. Selamat Tahun Baru 2009. Syahadat Cinta merupakan film Indonesia produksi PT. Gentabuana Paramita (namun kali ini dibawah bendera PT. PIRAMID CITRA PERKASA, sama aja produsernya B. Sutrisno dan penulis skenarionya juga Messiah Fajarwati dan M. Abnar Romli juga disutradarai Gunawaran Paggaru dan didukung artis-artis Gentabuana) yang dirilis pada tahun 2008 yang disutradarai oleh Gunawan Paggaru. Film Syahadat Cinta diangkat dari Novel berjudul sama Syahadat Cinta, karya Taufiqurrahman Al Azizy. Dibintangi antara lain oleh :

Arif Rahman as Iqbal

Karakter : Seorang pemuda yang biasa hidup dalam serba kecukupan, anak seorang konglomerat minyak, dalam hidupnya yang serba kecukupan itu batinnya sangat merana, ia mencari makna hidup di diskotik2 dan balapan di jalanan. Dalam keadaan mabuk ia membuat ibunya celaka hingga koma. Dalam kesedihan dan takut kehilangan ibu yang sangat mengasihinya Iqbal berikrar bilamana ibunya sembuh ia akan tobat dan membuat ibunya bahagia.

Imel Putri Cahyati as Neng Aisyah

Karakter : Cantik, Manja, putri dari Kyai Sidik pimpinan Pondok Pasantren tempat Iqbal belajar.
Sedari kecil dijodohkan dengan Rahmat, tetapi mengidamkan sosok Iqbal pada diri Rahmat

Cantika Atmanagara as Pricilia

Karakter : Cantik, anak orang kaya dari keluarga Nasrani.
Tertarik ingin mencari tahu lebih dalam tentang agama islam, akan tetapi mendapat tentangan sangat keras dari keluarganya.

Adhtya Putri as Zaenab

Karakter : Cantik,

pintar, berwawasan luas, merupakan gadis pujaan Iqbal, dikenal sebagai gadis berkerudung biru

Minati Atmanegara as Dewi (ibunya Iqbal)

Karakter : seorang ibu yang lembut, sangat sayang pada iqbal hingga ia memanjakannya berlebihan. Kerjanya tiap hari membuka kan pintu untuk iqbal hingga ahirnya ia terluka karena perbuatan anaknya itu, hingga menjadi titik balik dari kehidupan Iqbal yang glamour menjadi pencarian terhadap tuhan

Alex Sukamto as Daeng Abdillah (ayahnya Iqbal)

Karakter : Seorang bapak yang tidak pernah ada waktu bagi anak dan keluarganya, workalholik, keras hingga kadang hampir berkelahi dengan anaknya gara2 Iqbal tidak pernah menuruti kemauannya.

Affandi as Ikhsan

Karakter : Lugu, memegang teguh agama, setia kawan, sahabat dekat Iqbal. Suka bilang wallahu alam. Berjenggot, agak mirip dengan Arief Rahman, bedanya Arief Rahman lebih tinggi dan punya tahi lalat. Baru kali ini lihat Affandi berjenggot dan berperan lugu. Ternyata aktor Gentabuana pun juga jago akting lho, kenapa selama ini FTV-nya didubbing???

Hengky Kurniawan as Rahmat

Karakter : Keras, kuat pendirian,

orang yang dituakan di kalangan santri

tunangan Aisyah putri dari Kyai Sidik

Ricky Harun as Irsyad

Karakter : putra sulung ibu Jamilah yang masih duduk di bangku SMA ini itu sederhana, tidak sombong, baik hati, humoris (jenaka), rajin ibadah, berasal dari keluarga miskin, salah satu guru ngaji Iqbal.

Donna Harun as Ibu Jamilah

Karakter : Seorang pemulung yang membukakan mata hati Iqbal pada dunia sesungguhnya dan membuka jalan bagi Iqbal untuk lebih mengenal Illahi Rabbi.

H. Mochtar Sum Nissan – Kyai Sidik
Chairil JM – Kyai Subadar

Rheiner Grandie Manoppo

Shella


Ricky Rizky – Rusli
Alea Sura – Khaura
Bary Prima – Dawam
Faisal Bugis – Amin
Ratu Anisa – Anbar
Arifin – Polisi 1
Bryan – Polisi 2
Taufik – Suroso
Arwin Suwardi – Nugroho
Awan – Burhan
Fauzi – Gufron
Aris KY – Ahmad
Sigit – Radli
Gafo – Umar
Teddy Uncle – Kapten Polisi
George – Ronald
Panji – Deni
Piet Ermas – Papa Pricilia
Monica Oemardi – Mama Pricilia
Sarah – Adik Pricilia
Christine – Bi Inah
Al Indra – Badawi
Diaz Erlangga – Pengacara
Zahra – Gadis Cantik di bar
Sehmi Rivad – Pemuda di bar

Film Syahadat Cinta

Film Syahadat Cinta

Berkisah tentang seorang pemuda yang melakukan pencarian arti cinta dan agama. Cerita seorang pemuda tampan, Iqbal, anak seorang pengusaha kaya raya yang bengal, tukang mabuk, dan suka berkelahi. Ayahnya, Daeng Abdilah adalah seorang pengusaha sukses yang sangat sibuk sehingga jarang memperhatikan anaknya. Satu-satunya orang yang memperhatikan adalah ibunya, Dewi. Itulah sebabnya Iqbal sangat menghormatinya. Suatu hari Iqbal pulang dalam keadaan sangat mabuk sehingga dengan tidak sadar telah mendorong ibunya dari atas tangga hingga menyebabkan ibunya koma. Pemuda berandal yang selama ini tidak pernah menangis, saat itu juga menangis sejadi-jadinya sambil memohon kepada Allah keselamatan ibunya. dan ternyata Allah masih memberikan kesembuhan. Setelah kejadian itulah Iqbal mendapat hidayah, sesuai dengan ikrar nya kepada Allah SWT maka Iqbal memutuskan untuk belajar di pondok pesantren Tegal Jadin pimpinan Kyai Shidiq. Di sanalah ia mencoba mencari Tuhan sekaligus ingin melupakan masa lalunya yang kelam. Tapi selama dua bulan dia tidak diajari apa-apa, hal ini tentu membuat Iqbal sangat kesal. Hingga suatu hari dia meluapkan amarahnya pada gadis cantik berkerudung, Iqbal memaki-maki gadis itu hingga menangis, sampai mengancam Iqbal untuk mengadukan pada ayahnya.

Dan ternyata gadis itu adalah Neng Aisyah yang merupakan cucu Kyai Shidiq. Hal ini membuat Iqbal sangat takut sehingga dia memilih kabur dari pesantren. Akhirnya Iqbal memutuskan ke Salatiga.

Dalam perjalanan dia bertemu dengan Khaura, gadis remaja berseragam SMA yang akhirnya menjadi teman baiknya. Dia juga bertemu dengan Pricilia gadis nasrani yang sangat tertarik dengan Islam. Di Salatiga Iqbal bertemu dengan pemulung bernama Ibu Jamilah yang mempunyai dua anak. Dari mereka lah Iqbal mengenal Islam dengan lebih baik, mereka mengajarkan Iqbal shalat, mengaji, dll. Setelah lama tinggal di rumah ibu Jamilah, Iqbal memutuskan untuk kembali ke pesantren Tegal Jadin. Disana dia akhirnya meminta maaf kepada Neng Aisyah hingga akhirnya hubungan mereka menjadi sangat akrab.

Terus Iqbal bertemu pula dengan gadis cantik bernama Siti Zainab yang membuat dia jatuh hati. Disaat bersamaan datang Pricilia dalam keadaan babak-belur karena dihajar keluarganya sendiri, yang akhirnya membuat hati Iqbal merasa iba.

Kedekatan Iqbal dengan beberapa wanita ini menyebabkan Iqbal berseteru dengan santri-santri lainyang menganggap Iqbal telah melanggar ajaran agama. Nah semakin rumitlah permasalahannya. Iqbal yang semula seorang berandal, dihadapkan pada nilai-nilai moral agama dan beberapa pilihan cinta. Cinta dan ajaran manakah yang akan dia pilih …?

Soundtrack film ini diisi antara lain oleh Terry lewat tembang berjudul Syahadat Cinta yang bernuansa arabian, diproduksi oleh Sony BMG.

Film religius romantik yang tayang di bioskop mulai 14 Agustus 2008 serentak di bioskop seluruh Indonesia ini, InsyaAllah dapat Anda saksikan bersama keluarga di rumah di meriahnya suka cita malam tahun baru 2009 mulai jam 9 malam.

  1. Sabtu, 23 Februari 2013 pukul 20:28

    kak arief rahman ganteng deh

  2. Kamis, 19 September 2013 pukul 21:15

    maaf saya mau tanya .. alamat ponpes dimana ya ?

  3. Nurfahana Azda Tsuraya
    Selasa, 18 Februari 2014 pukul 17:41

    afwan saya mau tanya alamat pondok pesantren tegal jadin dimana ya ? tolong
    jawabannya..Syukron.. Jazakallah khairan kathiro..

  4. Pratiwi Kayola
    Rabu, 12 Mei 2021 pukul 21:00

    ada yg tau lokasi rumahnya iqbal ga?

Comment pages
1 6 7 8
  1. No trackbacks yet.

Weblog ini dikunjungi ribuan orang tiap harinya. Kunjungi terus laman Thread ini. Berikan kritik, saran, dan/atau tanggapanmu di kolom komentar. Komentar yang muncul dibagi halaman per halaman. Klik Comment pages Sebelumnya atau Berikutnya. Yang muncul default adalah komen terbaru :-)